Sabtu, 25 Agustus 2012

Cara membuat pakan sapi potong

Pakan Sapi Potong

Pakan Sapi Potong
Keberhasilan maupun kegagalan usaha peternakan sapi potong banyak ditentukan oleh pakan. Sama halnya manusia, sapi juga memerlukan nutrisi untuk hidup, beraktivitas dan beproduksi. Usaha sapi potong rakyat biasanya bersifat turun temurun dan pemeliharaannya sesuai dengan kemampuan peternak terutama dalam hal pakan dan pemberian pakan.
SAPI DARA
Sapi dara sebagai calon penghasil bakalan merupakan bagian penting dalam pengembangan sapi potong. Oleh karena itu perlu diperhatikan kecukupan gizi. Kekurangan maupun kelebihan gizi dapat mengakibatkan kegagalan reproduksi.

SAPI INDUK BUNTING
Sapi bunting perlu penambahan pakan, terutama pada 1/3 masa kebuntingan terakhir. Sapi muda yang bunting kebutuhan makanan diperlukan untuk pertumbuhan janin juga untuk pertumbuhan induk.

SAPI INDUK
Pemberian ransum yang berkualitas rendah saat tiga bulan awal setelah beranak khususnya protein akan memperpanjang waktu birahi berikut, akibatnya jarak beranak 1 tahun tidak dapat tercapai.

SAPI JANTAN
Sapi jantan yang digemukkan ransom yang diberikan ditujukan untuk membentuk daging dan lemak badan. Oleh karena itu ransum harus mengandung protein dan energi yang sesuai dengan kebutuhan
Sapi Bali yang gemuk
Gambar Sapi Bali yang gemuk


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar