Sabtu, 25 Agustus 2012

Cara Praktis Beternak Domba

Cara Praktis Beternak Domba

Cara Praktis Beternak Domba

Beternak domba memiliki beberapa keunggulan mudah, pertumbuhan cepat, pakannya mudah dicari, dan pasar penjualan domba masih sangat luas.
Menurut Mulyadi Nurdin, pendiri Peternak Domba Mitra Tani Farm, beternak domba sangatlah mudah. Hanya dengan mengajarkan sekali kepada seseorang, orang tersebut langsung mengerti dan dia dapat mengajarkan kepada orang lain.
Domba termasuk hewan ternak yang pertumbuhannya cepat. Dalam 2 bulan, berat badan domba dapat naik 5-7,5 kg. Dengan pertumbuhan beratnya yang cepat, akan menguntungkan bagi si peternaknya. Umur 6 bulan, domba sudah dapat dijual ke konsumen. “Pasar domba itu sangat luas. Di Jakarta saja permintaan domba mencapai 5 ribu/bulan, sedangkan di Mitra Tani Farm baru hanya menghasilkan 5 ratus domba/bulannya.”
“Pakan domba tidak terlalu sulit. Dengan menanam rumput gajah, dalam 3 minggu sudah dapat dipanen sebagai pakan domba. Di Mitra Tani Farm, lahan untuk peternakan domba ± 4,5 ha dengan jumlah domba 500 ekor. Setiap bulan, hanya memerlukan pakan (rumput gajah) sebanyak 30 ton,” tutur Imron, Marketing Mitra Tani Farm.
Perbedaan peternakan domba Mitra Tani Farm dengan peternakan domba lainnya adalah kebersihan domba di peternakan ini sangat dijaga serta dikelola oleh tenaga professional, alumni Peternakan IPB. Kalau di peternakan lain, bulu serta kuku domba dipotong 2 tahun sekali, sedangkan di peternakan ini 1 tahun sekali.
Ketika konsumen akan membeli domba di peternakan ini, biasanya dibersihkan dahulu sehingga konsumen merasa puas dengan domba yang dibelinya. Harga jual domba bervariasi, mulai paling rendah Rp 1 juta/ekor.
kambing domba
kambing domba
“Kualitas memang jadi modal utama kita. Selain itu, kita juga menjalin dengan perusahaan-perusahaan yang tidak main-main. Berhubung kualitas yang dijaga, terkadang ada konsumen yang membeli domba baru berumur 1 atau 2 bulan,” jelas Mulyadi.
Melihat prospek ke depan, beternak domba dapat dijadikan solusi untuk berwirausaha. Perawatannya yang mudah serta prospek pasar domba yang luas, peternakan domba dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar